SEPUTAR KEMENAG KOTA SUBULUSSALAM

KELUARGA BESAR KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA SUBULUSSALAM MENGUCAPKAN : "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1434 H / 2013 M"

Surat Edaran Sekjen tentang Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan I Tahun 2013 dan Akselerasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan II Tahun 2013


  Sumber : http://www.kemenag.go.id

Surat Edaran Sekjen tentang Mekanisme Pembayaran Uang Makan PNS di lingkungan Kemenag


 Sumber : http://www.kemenag.go.id

UJIAN NASIONAL 2013 MADRASAH ALIYAH DI KOTA SUBULUSSALAM LANCAR 

Senin, 15 April 2013 




Dalam Rangka Kegiatan Monitoring Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam H. Syarbaini, SH meninjau langsung Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berjalan aman, lancar dan terkendali tidak ada masalah, hal ini disampaikan H. Syarbaini, SH di sela-sela kunjungan ke beberapa Madrasah Aliyah di lingkungan Kota Subulussalam.Di Kota Subulussalam Terdapat 2 Madrasah Aliyah Penyelenggara yakni MAN Subulussalam dan MAN Simpang Kiri. di MAN Subulussalam terdiri dari beberapa MA Swasta yang bergabung yakni MAS Al-Mansuriyah, MAS Ad-Darajat, MAS DMT Jontor sedangkan di MAN Simpang Kiri hanya MAS Husni Thamrin. Jumlah peserta UN Tahun 2013 Untuk Tingkat MA berjumlah 190 Peserta.(Tim Monitoring UN)

Kemenag Sosilisasikan Dana Tunjangan Profesi Guru pada AGPAI

Kamis, 11 April 2013



Kantor Kementerian Agama mengadakan Sosilisasi Dana Tunjangan Profesi Guru kepada Seluruh Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) yang di prakarsai oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Kota Subulussalam. Dalam Arahannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam H. Syarbaini, SH  menjelaskan kepada seluruh Guru PAI Kota Subulussalam bahwa keterlambatan pembayaran diakibatkan karena kesalahan Administrasi yakni berkas pengusulan para Guru PAI tidak dibuat dengan benar.


UAMBN Tingkat MI dan USBN PAI Tingkat SD Lancar
Senin, 25 Maret 2013

Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah dan Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI Tingkat Sekolah Dasar berjalan Lancar, hal ini disampaikan H. Syarbaini, SH (Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam) saat melakukan monitoring ke beberapa Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar yang ada di Kota Subulussalam, UAMBN Madrasah Ibtidaiyah tidak ada kendala maupun USBN PAI Tingkat SD juga berjalan lancar, tertib sesuai yang diharapkan
Adapun jumlah MI yang mengikuti UAMBN berjumlah 5 MI, sedangkan USBN PAI Tingkat SD berjumlah 76 SD dalam Kota Subulussalam, sehingga Menyulitkan petugas Monitoring dalam melaksankan tugas karena jarak tempuh berpuluh-puluh kilometer sementara tidak didukung oleh jumlah pegawai Pendis yang ada sekarang ini. (Sunarto, SE)

Siskohat Subulussalam Sudah Online; Pidie Jaya Masih dalam Proses
Kamis, 21 Maret 2013 –
Foto

Banda Aceh-KemenagNews (21/3/2013)
Sejak tanggal 8 Maret 2013 Siskohat Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam sudah dapat menerima pendaftaran Jamaah Haji Reguler.
Sebelumnya masyarakat Kota Subulussalam yang ingin mendaftar haji harus mendaftar melalui Kantor Kemenag Kabupaten Singkil yang merupakan Kabupaten induk sebelum pemekaran. Terkoneksinya jaringan siskohat Kankemenag Kota Subulussalam dengan siskohat Pusat, Jakarta merupakan kabar gembira khususnya bagi masyarakat setempat.
Kota Subulussalam merupakan kabupaten yang ke 22 yang telah terkoneksi dengan sistem pusat. Hingga saat ini di Provinsi Aceh hanya tinggal 1 (satu) Kabupaten lagi yang belum dapat on line dengan sistem pusat yaitu Siskohat Kabupaten Pidie Jaya.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya melalui surat nomor Kd. 01.22/3/HJ.00/430/2013 tanggal 20 Maret 2013 perihal pemberitahuan kesiapan Siskohat, menyatakan bahwa perangkat siskohat, jaringan VPN, tempat penerimaan pendaftaran bagi Jamaah, termasuk Operator (SDM) telah siap dan tersedia. Kankemenag juga berharap agar perangkat yang ada dapat segera terkoneksi sebagaimana Kabupaten/Kota lainnya.

Perangkat siskohat yang on line dengan jaringan pusat merupakan salah satu unsur penting agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi jamaah khususnya saat proses pendaftaran. Sementara ini pendaftaran haji bagi masyarakat Kabupaten Pidie Jaya diproses melalui Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) setempat.
(zainal haji)


Rapat Koordinasi Penyusunan RKA-SK Kankemenag Kota Subulussalam

Jumat, 22 Maret 2013 – Subbag Informasi dan Humas, Kankemenag
Foto
Rakor RKA-SK Kankemenag Kota Subulussalam


Berdasarkan peraturan dan kebijakan pemerintah berkaitan dengan penggunaan anggaran untuk pelaksanaan program dan kegiatan yang bersumber dari APBN,setiap tahun pimpinan kementerian/lembaga menyusun dan menyiapkan rencana kerja kementerian lembaga (RKA-KL) sesuai tugas pokok dan fungsi dengan pedoman pada rencana strategis serta kegiatan prioritas yang telah ditetapkan.
Dalam rangka terwujudnya koordinasi dan sinkronisasi serta terintegrasikannya program-program berupa uraian kegiatan prioritas dan terpadu,termasuk usulan kerja di bawahnya yang akan disusun. maka Kantor kementerian agama Kota Subulussalam mengadakan suatu pertemuan yang melibatkan unsur-unsur satuan organisasi dan satuan kerja melalui rapat koordinasi penyusunan rencana kerja dan anggaran satuan kerja (RKA-SK) tahun anggaran 2014 dengan mengacu pada rencana kerja dari masing-masing satuan organisasi/ satuan kerja.
Acara yang dilaksanakan di Hermes One Hotel Subulussalam pada hari jumat tanggal 22 maret 2013 dihadiri oleh Kepala kankemenag kota subulussalam,Kasubag TU,Para kepala Kasi dan penyelenggara,para kepala Madrasah,para kepala KUA,pelaksana urusan pada subbag TU dan bendahara pengeluaran Kankemenag Kota Subulussalam.
Dalam Rakor penyusunan rencana kerja dan anggaran satuan kerja ini setiap satuan organisasi/satuan kerja memaparkan laporan kerja 2012/2013 dan mempresentasikan pragram-program kerja tahun anggaran 2014.
Acara yang dibuka kepala kankemenag kota subulussalam H.Syarbaini,SH ini berlangsung dengan khidmat dan penuh kekeluargaan. Dalam arahannya kepala kankemenag kota subulussalam H.Syarbaini,SH berharap setiap satker dapat menyusun anggaran yang berbasis kinerja dan membuat pelaporan keuangan yang ada di DIPA melalui E-MPA.
Selanjutnya Ka Kankemenag Kota Subulussalam menekan kan agar setiap satuan organisasi/satuan kerja dapat melaksanakan 5 fungsi dan 21 program pada kantor kementerian agama dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.(Taufiq/y)



UAMBN Tingkat MTs
Kamis, 21 Maret 2013 – Subbag Tata Usaha, Informasi dan Humas, Kankemenag















Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) di Hari pertama berjalan tertib tidak ada kendala, Hal ini disampaikan H.Syarbaini,SH saat meninjau Langsung Pelaksanaan UAMBN di MTsS Ad-Darajat Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam, pelaksanaan hari pertama berjalan aman, tertib dan lancar.

Dari pantauan Tim Monev UAMBN Kota subulussalam, setidaknya ada satu MTs yakni MTsS Jambi Baru dengan kondisi Bangunan yang Memprihatinkan sehingga suasana ujian siswa kurang nyaman dalam menjawab soal. saat Tim menemui Kepala MTsS Jambi Baru Bangunan ini memang tidak layak lagi untuk ditempati sebagai Ruang Kelas Belajar dan dulu sewaktu Pak Ibnu Sa'dan masih menjabat Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam Juga Pernah Langsung Meninjau MTsS Jambi Baru dengan Istilah Sidak (Silaturahmi Mendadak). (Ridwansyah.P).


SMA UNGGUL SUBULUSSALAM PERINGKAT 1 SE-ACEH
Rabu, 20 Maret 2013

Hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI) yang telah diumumkan oleh Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi Aceh SMA Unggul Subulussalam mendapat Nilai yang Cukup Tinggi yakni rata-rata 7,50 mengungguli SMA yang ada di Provinsi Aceh yang berjumlah 409. Kepala SMA Unggul Subulussalam Sukri, S.Pd saat ditemui pada pelaksanaan USBN PAI menyatakan tekadnya dalam membangun Dunia Pendidikan di Kota Subulussalam agar dapat mampu bersaing di level Provinsi maupun Nasional.
Sehubungan Dengan Perolehan Nilai USBN PAI Tingkat SMA Kepala Kankemenag Kota Subulussalam menyatakan Kepada SMA Unggul Subulussalam agar mampu mempertahankan Pridikat di tahun-tahun mendatang.

Pengantar Tugas Kepala MTsS Hidayatullah Kota Subulussalam
Selasa, 19 Maret 2013 – Subbag Tata Usaha, Informasi dan Humas, Kankemenag











Setelah Kemarin dilantik dan diambil sumpah (18/03/2013) Dewarni, S.Ag, dilakukan acara Pengantar Tugas Kepala MTsS Hidayatullah menggantikan Khalidin Bako, S.PdI. Acara Pengantar Tugas ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Jalan Syeikh Hamzah Fansyuri Kampong Subulussalam Selatan Kecamatan simpang Kiri Kota Subulussalam. acara diawali pembacaan Ayat Suci Al-Qur'an Oleh Santri MTsS Hidayatullah Sulaiman, dan diteruskan Sambutan Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Abuya H. Qaharuddin Kombih, S,Ag. Dalam Sambutannya memberikan dukungan dan motivasi kepada Dewarni, S.Ag agar dapat bekerja sama kepada Pimpinan dan seluruh Stalkholder baik itu Guru, Ustad dan Ustadzah dalam hal memajukan Madrasah Tsanawiyah di Propinsi Aceh pada Umumnya dan di Kota Subulussalam Pada Khususnya dan Abuya pimpinan Ponpes Hidayatullah Juga berterima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam yang telah menempatkan Guru Pegawai Negeri Sipil di Madrasah yang dipimpinnya, pada kesempatan ini juga meminta kepada Kepala Kantor Kementerian Agama agar mengutamakan Tenaga Honorer dalam pengangkatan CPNS Kemenag. 

Dalam Pengantar Tugas tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam H. Syarbaini, SH memberikan Sepatah-Duapatah kata yang intinya menekankan kepada Dewarni, S.Ag agar mampu meningkatkan mutu dalam hal pembinaan siswa di segala sektor khususnya di bidang MTQ (Tilawah) baik di tingkat lorong,Kampong maupun tingkat Daerah, Propinsi maupun Tingkat Nasional, dimana diketahui Dewarni, S.Ag atau yang biasa di sapa Pak De acap kali mewakili Kota Subulussalam  mengikuti Event MTQ Tingkat Propinsi maupun Tingkat Nasional.

Acara Pengantar Tugas ini berlangsung singkat namun padat, yang juga dihadiri oleh sejumlah Pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam diantaranya Kepala Seksi Pendidikan Islam Sahdin Boang Manalu, SAg, Ridwansyah Purnomo, Rusli S.PdI (Staf Pendis), Sunarto,SE, Zakirman,SE, Randi Alfian, S.HI serta Ketua Komite Madrasah MTsS Hidayatullah M.Layari Kombih yag juga Ketua Majelis Adat Aceh Kota Subulussalam. (Tim Kemenag Kota Subulussalam)


Hari Pertama UAMBN Madrasah Aliyah Lancar
Senin, 18 Maret 2013 – Subbag Tata Usaha, Informasi dan Humas, Kankemenag

Pelaksanaan UAMBN  Tingkat Madrasah Aliyah berjalan aman, tertib dan lancar. Sebagaimana Jadwal Pelaksanaan UAMBN Tingkat MA yang dijadwalkan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 18 s/d 20 Maret 2013, Hal ini disampaikan oleh H. Ayub Ahmad, M.Ag (Petugas Monitoring dari Kanwil Kemenag Propinsi Aceh) di dampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam Sahdin  Boang Manalu, S.Ag yang meninjau langsung ke MAN Subulussalam dan MAN Simpang Kiri.(Abdullah, SE)



Kemenag Kota Subulussalam Kembali Melantik Pejabat

Senin, 18 Maret 2013 – Subbag Tata Usaha, Informasi dan Humas, Kankemenag



Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam H. Syarbaini, SH menggelar pelantikan Pejabat di Lingkungan Kementerian Agama Kota Subulussalam di aula Kankemenag Kota Subulussalam. Pejabat yang diambil sumpahnya yakni Dewarni, S.Ag yang sebelumnya Guru MTsN Simpang Kiri menjadi Kepala MTsS Hidayatullah dimana diketahui pada pelantikan pejabat pada tanggal 06 Maret 2013 lalu beliau dalam keadaan Sakit. dalam arahannya Kepala Kantor Kementerian Agama menekankan perlunya kedisiplinan PNS dalam melaksanakan Tugas.
Acara Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat Kemenag Kota Subulussalam Ka.Subbag TU, Kasi Pendis, Kasi   Bimas Islam, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Penye. Syariah dan sejumlah pejabat lain. Acara Berlangsung Khidmat. (Sunarto, SE)



Kemenag Kota Subulussalam Sosialisasikan Dana BOS 2013
Rabu, 13 Maret 2013 – Subbag Tata Usaha, Informasi dan Humas, Kankemenag






Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam dalam hal ini Seksi Pendidikan Islam (Pendis) mengadakan sosialisasi tentang BOS 2013 dan Tata cara Pertanggungjawaban Dana BOS 2013 di Hermes One Subulussalam Hotel, Dalam Sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam meminta Kepada Seluruh Tim Manajemen Bos Madrasah Negeri dan Swasta Agar Turut aktif melaksanakan Program BOS 2013 tepat sasaran dan jangan sampai terjadi penyimpangan dalam hal penyaluran Dana BOS dimaksud dan Harus sesuai Petunjuk Teknis Penyaluran Dana Bos Tahun 2013 Untuk Madrsah Negeri dan Swasta dan mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat menerapkan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dalam penyalurannya agar kedepan tidak menimbulkan masalah baru.Peserta Sosialisasi Dana BOS 2013 tesebut berjumlah 63 Orang terdiri dari Kepala Madrasah, Bendahara Pengeluaran serta Ketua Komite Madrasah MI/MTs dan MA di Lingkungan Kementerian Agama Kota Subulussalam. Bertindak Sebagai Narasumber yakni H. Syarbaini, SH (Kakankemenag Kota Subulussalam) adapun Materi yang disampaikan yaitu Paparan  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dan Tata Cara Pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tingkat MI/MTs/MA Tahun Anggaran 2013 Pada Madrasah  Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, selanjutnya Rislizar Nas, S.Ag (Kasubag Tata Usaha Kankemenag Kota Subulussalam) dengan Judul Materi Bimbingan Teknis Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Tahun Anggaran 2013 serta Sahdin Boangmanalu, S.Ag (Kepala seksi Pendidikan Islam Kankemanag Kota Subulussalam) dengan Judul Materi Simulasi dan Diskusi Teknis Laporan Pertanggungjawaban Dana BOS Tahun Anggaran 2013.(Sunarto, SE)


Subulussalam, Kemenag Kota Subulussalam Sudah Melayani Pendaftaran Haji Siskohat
Jum'at, 8 Maret 2013 – Subbag Informasi dan Humas, Kankemenag


Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam Telah terhubung secara online dalam pendaftaran Haji secara Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), dalam launching perdana 03/09/2013 03:03 pm tim siskohatAlhamdulillah, Kota Subulussalam sudah terdata dalam siskohat kemarin sore kata tim siskohat Pusat.
Saat ditanya kepada Salah Seorang Pendaftar Calon Haji mengaku sangat bersyukur Kankemenag Kota Subulussalam telah bisa secara Online Pendaftaran Calon Haji karena selama ini harus menempuh puluhan kilometer ke Kankemenag Kabupaten Aceh Singkil untuk bisa mendaftar.(Sunarto, SE)

Kemenag Kota Subulussalam Mulai menggunakan Fingerprint
Rabu, 6 Maret 2013 – Subbag Informasi dan Humas, Kankemenag


Kemenag Kota Subulussalam Mulai menggunakan Fingerprint. (Maryono, A.Md)



Mutasi Eselon IV Baru Awal Maret
Rabu, 6 Maret 2013 – Subbag Informasi dan Humas, Kankemenag
Foto

Sebagai tindak lanjut dari peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2011 tentang organisasi dan tata kerja instansi vertikal kementerian agama,Kemenag Republik Indonesia melalui peraturan menteri agama (PMA) No 13 tahun 2012 mengamanatkan adanya perubahan struktur. Pengukuhan dan pelantikan di Kota Subulussalam pun digelar Selasa (05 Maret 2013).

Dalam perubahan struktur tersebut Kemenag Kota subulussalam terdiri atas Subbagian Tata usaha, Seksi Pendidikan Islam, seksi Bimas Islam, Penyelenggara Syari’ah. Sebelumnya Kemenag kota subulussalam terdiri atas subbagian Tata usaha,seksi pendidikan Islam,seksi Urpenais dan penyelenggara Zawa.
Jadi menindaklanjuti lahirnya struktur baru, Kemenag Kota Subulussalam mengukuhkan kembali dan melantik pejabat di lingkungan Kemenag Kota Subulussalam sebanyak 19 orang.
Adapun para pejabat yang dikukuhkan yaitu Rislizar Nas,S.Ag Kasubag Tata Usaha, Rizal Mulyadi,MA Kasi Bimas Islam, Jamhuri,SHI Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, dan Drs. Abdurrazaq Naufal sebagai penyelenggara Syariah.
Selanjutnya Kepala Kemenag Kota Sbulussalam juga melantik pejabat baru di lingkungan Kemenag Kota Subulussalam yakni Sahdin Boang Manalu,S.Ag menjabat Kasi Pendidikan Islam yang sebelumnya kepala MIN Rundeng, Syukran, S.sos.I menjadi kepala KUA kecamatan Sultan Daulat sebelumnya penghulu pada KUA kecamatan Longkib.
Selanjutnya Aab syiahabuddin, S.Ag menjadi kepala MAN Subulussalam sebelumnya guru pada MAN Subulussalam, Darwanto, SPd Kepala MAS Al Mansuriyah, sebelumnya Guru MAS Al Mansuriyah,Usman R,S.Pd Kepala MAS DMT Jontor sebelumnya guru MAN Subulussalam, Dra.Lathifah Karim kepala MtsS Al Ikhlas sebelumnya guru MTsN simpang kiri,Drs.Mirsal Kepala MTsS DMT Jontor sebelumnya guru pada MTsN simpang kiri,Indra Nasution,S.Pdi Kepala MTsS Ad Darajat yang sebelumnya guru MAN subulussalam,Dewi kamariana,S.PdI kepala MTsS Al Mansuriyah sebelumnya guru pada MAN Subulussalam, selanjutnya Hadiar,S.PdI Kepala MTsS Husni Thamrin sebelumnya guru pada MTsS Mardhatillah.
Abidin HS,S.PdI Kepala MTsS Jambi Baru yang sebelumnya guru pada MTsS jambi baru.Itcan Solin,S.PdI Kepala MIN Al Mansuriyah sebelumnya guru pada MIN Subulussalam. Zajuli,S.PdI kepala MIN Runding yang sebelumnya guru pada MIN yang sama.
Selanjutnya Endang Suhendra,SH menjadi Kepala urusan Tata usaha MAN Subulussalam yang sebelumnya kepala urusan tata usaha MAN simpang kiri, selanjutnya yang terakhir Sofyan Berutu,S.PdI kepala urusan tata usaha MAN Simpang kiri yang sebelumnya guru pada MAN simpang kiri.
Dalam arahannya kepala Kankemenag kota subulussalam H.Syarbaini,SH mengatakan bahwasanya mutasi adalah hal yang wajar,selain untuk penyegaran juga untuk meningkatkan prestasi kerja.jadi kepada pejabat yang dilantik kita berharap tidak ada jarak antara pejabat dengan staf,karena staf adalah aset yang besar yang melebihi aset-aset lain. Kepada pegawai yang ada dilingkungan kemenag kota subulussalam mari kita tingkatkan kinerja dan prestasi kerja,jangan peduli siapa atasan dan dimana tempat kita bekerja,ciptakan bekerja bukan untuk atasan tapi bekerjalah untuk lembaga sesuai dengan tupoksi masing-masing,imbuh H.Syarbaini,SH. Acara pelantikan pejabat eselon IVa,IVb dan kepala madrasah yang dihadiri para pejabat yang ada dilingkungan kemenag kota subulussalam ini berlagsung dengan khidmat…. [Taufik/y]